Languages :  Indonesian  |  English
 
ETIKA KERJA DAN ETIKA USAHA (CODE OF CONDUCT) PT DPS :

VISI DAN MISI PERUSAHAAN

VISI PERUSAHAAN
Menjadi perusahaan galangan dan perbaikan kapal yang unggul di Indonesia.

MISI PERUSAHAAN
  1. Melaksanakan kegiatan usaha secara profesional dan berdaya saing untuk memenuhi kepuasan pelanggan;
  2. Meningkatkan kemampuan SDM dalam penguasaan teknologi dan perekayasaan secara berkesinambungan;
  3. Meningkatkan sinergi dengan perusahaan galangan kapal, pelayaran dan industri lainnya untuk mewujudkan kemandirian dalam industri perkapalan nasional.

NILAI-NILAI DASAR PERUSAHAAN

Keberadaan PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) selanjutnya disingkat DPS yang berumur lebih dari satu abad menandakan sebagai galangan kapal yang tidak lepas dari sejarah keberadaan bangsa Indonesia, dimana negara Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang membuat DPS yang sudah berpengalaman ini harus meningkatkan daya saing guna tercapainya visi dan misi perusahaan.

Untuk itu perseroan perlu menjunjung tinggi nilai-nilai dasar perseroan, yaitu : 
                                                           "Deliver, Performance, Strength"


Deliver : Melaksanakan pekerjaan sesuai order yang diberikan pelanggan sehingga dapat diserah terimakan secara tepat waktu dan tepat kualitas.

Performance : Menerapkan standar yang tinggi dalam menjalankan aktifitas usaha dan selalu berusaha mengembangkan potensi yang ada sesuai perkembangan kebutuhan & teknologi. yang ada sesuai perkembangan kebutuhan dan teknologi.

Strength : Menjalankan aktifitas usaha dengan penuh kekuatan dan keyakinan sehingga mampu menghadapi kondisi perubahan bisnis yang ada.


Untuk dapat meningkatkan citra perusahaan, DPS memiliki motto yang menggambarkan semangat insan DPS dalam menerapkan Code of Conduct (CoC) yaitu :

ETIKA USAHA

1. Karyawan
   DPS berkomitmen menghargai karyawan sebagai aset penting perusahaan melalui :
  • Memperlakukan secara adil tanpa membedakan suku, agama, ras, dan gender
  • Perusahaan akan merekrut, mempekerjakan, dan mempromosikan karyawan berdasarkan kualifikasi dan kemampuan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pekerjaan
  • Perusahaan bertanggungjawab menciptakan kondisi yang aman dan sehat bagi semua karyawan
  • Perusahaan mengembangkan dan meningkatkan keahlian dan kemampuan karyawan
  • Perusahaan menghormati  hak dan martabat individual karyawan serta memberikan kebebasan untuk menjadi atau tidak menjadi anggota serikat pekerja
  • Perusahaan akan selalu menjaga hubungan baik dengan karyawan
2. Pelanggan
DPS berkomitmen untuk :
  • Menghasilkan produk dan jasa secara konsisten baik segi kualitas, waktu dan pelayanan sesuai standar yang berlaku
  • Selalu menindaklanjuti setiap keluhan pelanggan terkait layanan dan produk
  • Menyesuaikan hasil produk dan jasanya berdasarkan ilmu pengetahuan yang teruji dan menerapkan standar klasifikasi yang berlaku untuk menjamin kualitas hasil produksi
3. Mitra Usaha
   DPS berkomitmen untuk :
  • Membina hubungan yang saling menguntungkan dengan para mitra usaha dan menuangkan semua kesepakatan dalam suatu dokumen tertulis yang disusun berdasarkan itikad baik
  • Bersama mitra usaha membangun komunikasi untuk memperoleh solusi peningkatan kinerja
  • Menghargai amanat (trust) yang telah diberikan dengan menjalankan manajemen profesional untuk mengamankan tingkat kembalian yang wajar dan kompetitif pada dana yang telah diinvestasikan serta memberikan informasi yang relevan kepada mitra usaha sesuai ketentuan yang berlaku
  • Memperlakukan mitra usaha secara adil melalui :
              a. Memilih mitra usaha berdasarkan kemampuan dan prestasi sesuai dengan    
                  ketentuan yang berlaku

              b. Menindaklanjuti keluhan atau keberatan

4. Masyarakat dan Lingkungan Hidup
    DPS berkomitmen untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan melalui
    Corporate Social Responsibility (CSR)
dengan melaksanakan kegiatan bersifat sosial,
    peningkatan keberdayaan masyarakat serta pelestarian dan peningkatan
kualitas
    lingkungan.


5. Pesaing
    DPS berkomitmen mendukung pemberlakuan undang-undang tentang persaingan yang
    sehat dengan menjalankan kegiatannya
sesuai dengan prinsip-prinsip persaingan yang
    sehat dab berdasarkan peraturan yang berlaku.


6. Pemerintah
    DPS berkomitmen untuk mematuhi undang-undang di negara dan wilayah tempat
    perusahaan beroperasi serta membina
hubungan dan komunikasi yang baik dengan
    pemerintah terkait.


7. Pemegang Saham
    DPS berkomitmen untuk beroperasi secara optimal untuk meningkatkan nilai     
    perusahaan serta menegakkan tata kelola
perusahaan yang baik (GCG) melalui  
    penerapan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi
   dan kewajaran
(fairness)

8. Media Massa
    DPS berkomitmen untuk menerapkan keterbukaan informasi dengan memberikan
    informasi yang relevan serta menanggapi
keluhan/kritik secara proporsional

9. Anak Perusahaan
   DPS berkomitmen untuk bersinergi dengan anak perusahaan untuk mengembangkan 
   usaha secara keseluruhan



ETIKA KERJA

1. Etika Kerja Karyawan

    a. Sebagai atasan, berkomitmen untuk  :
  • Memberikan keteladanan yang baik yang dicerminkan dalam sikap, tindakan, perilaku dan tutur bahasa
  • Mendorong pola komunikasi secara terbuka, jujur dan bertanggungjawab
  • Mendorong penciptaan suasana kerja yang kondusif untuk peningkatan kinerja
  • Memperlakukan bawahan secara baik dan adil
  • Tidak melakukan provokasi untuk kepentingan politik/pribadi/golongan, penekanan atau intimidasi, penghinaan atau berkata-kata kasar maupun pelecehan
      b. Sebagai bawahan, berkomitmen untuk  :
  • Loyal kepada atasan
  • Berkomunikasi secara terbuka, jujur dan sopan kepada atasan
  • Berani mengambil inisiatif yang dapat dipertanggungjawabkan dalam memecahkan permasalahan
  • Tidak melakukan provokasi untuk kepentingan politik/pribadi/golongan, penekanan atau intimidasi, penghinaan atau berkata-kata kasar maupun pelecehan
      c. Sebagai rekan kerja, berkomitmen bahwa :
  • Setiap pegawai merupakan anggota dari the winning team, yaitu saling bekerjasama dalam persaingan yang sehat
  • Setiap pegawai bekerja dengan harmonis berdasarkan dedikasi dan kepercayaan bersama untuk mencapai tujuan bersama
  • Setiap pegawai harus melaksanakan kewajibannya dan merasa yakin bahwa rekan kerja yang lainpun demikian
  • Tidak melakukan  provokasi untuk kepentingan politik/pribadi/golongan, penekanan atau intimidasi, penghinaan atau berkata-kata kasar maupun pelecehan

2. Bersikap Profesional
   Insan DPS berkomitmen untuk  :
  • Menerapkan etos kerja yang kuat melalui sikap proaktif, disiplin, semangat dan integritas tinggi
  • Mempunyai inisiatif dan inovatif yang dapat dipertanggungjawabkan
  • Selalu meningkatkan kemampuan untuk meningkatkan kinerja

3. Benturan Kepentingan dan Penyalahgunaan Jabatan dan Wewenang
   Insan DPS berkomitmen  :
  • Mematuhi peraturan, sistem dan prosedur yang ditetapkan
  • Tidak memiliki saham/kepemilikan dalam badan usaha yang menjadi mitra atau pesaing perusahaan
  • Tidak merangkap jabatan dan pekerjaan di perusahaan lain termasuk anak perusahaan yang dapat mengakibatkan pengambilan keputusan menjadi tidak obyektif
  • Tidak memberikan atau menerima pinjaman kepada atau dari penyedia barang/jasa, pelanggan, mitra usaha atau pesaing
  • Tidak memiliki usaha yang berhubungan langsung dengan aktivitas perusahaan

4. Hadiah/Cinderamata/Gratifikasi/Donasi
    a. Insan DPS tidak menerima hadiah/cinderamata/gratifikasi dalam bentuk apapun
       yang berhubungan dengan jabatan dan
pekerjaannya, kecuali :
  •  Dalam bentuk jamuan makan
  •  Menerima benda-benda promosi yang mencantumkan logo/nama perusahaan pemberi      
    b. Insan DPS dapat memberikan hadiah/cinderamata/donasi kepada pihak lain dengan
        syarat :

  •  Untuk tujuan sosial dengan besaran sesuai dengan ketentuan
  •  Menunjang kepentingan perusahaan
  •  Telah dianggarkan oleh perusahaan dalam batas kewajaran
  •  Apabila hadiah/ cinderamata berupa benda maka harus mencantumkan logo/nama perusahaan

5. Narkoba. Miras, Perjudian dan Prostitusi
    Insan DPS berkomitmen untuk  :
  •   Tidak mengedarkan dan/atau menggunakan narkoba dan miras
  •   Tidak melakukan perjudian dan prostitusi 

6. Aktivitas Politik
    Insan DPS berkomitmen untuk :
  •  Tidak menggunakan fasilitas perusahaan untuk kepentingan pribadi, golongan atau   partai politik tertentu
  •  Tidak merangkap jabatan sebagai pengurus partai politik dan / atau anggota legislatif
  •  Tidak membawa, memperlihatkan, memasang serta mengedarkan simbol, gambar dan ornamen partai politik di lingkungan perusahaan

7. Data dan Informasi Perusahaan
    Insan DPS berkomitmen untuk :
  • Hanya mengakses data sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya
  • Memberikan informasi yang relevan dan proporsional kepada stakeholders dengan tetap mempertimbangkan kepentingan perusahaan
  • Tidak menyebarluaskan data dan informasi perusahaan kepada pihak lain yang tidak berkepentingan baik selama bekerja maupun setelah berhenti bekerja
  • Menyerahkan semua data yang berhubungan dengan perusahaan pada saat berhenti bekerja
  • Menjaga kerahasiaan informasi tentang pelanggan

8. Pemanfaatan Aset Perusahaan
    Insan DPS berkomitmen untuk  :
  • Tidak menggunakan aset perusahaan dalam bentuk apapun di luar kepentingan perusahaan
  • Mengamankan aset perusahaan dari kerusakan dan kehilangan
  • Meningkatkan efisiensi pemakaian energi (listrik, air, dan energi lainnya)   

9. Kepedulian Terhadap K3L
    Insan DPS berkomitmen untuk :
  • Turut secara aktif menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman dan nyaman
  • Turut secara aktif menjaga kebersihan dan kelestarian alam
  • Tanggap terhadap keadaan darurat yang disebabkan oleh gangguan keamanan, kecelakaan, pencemaran dan bencana alam   

10. Pencatatan Data dan Pelaporan
      Insan DPS berkomitmen  :
  •  Mencatat data dan menyusun laporan berdasarkan seumber yang benar an dapat dipertanggungjawabkan
  •  Menyajikan laporan secara jelas, akurat, dan tepat waktu untuk dipergunakan dalam pengambilan keputusan
  • Tidak menyembunyikan data dan laporan yang seharusnya disampaika kepada pihak yang berwenang