Languages :  Indonesian  |  English
Search Articles here..
Sinergi BUMN, DPS Garap Tug Boat Pesanan Pelindo I
Thursday, 25 April 2019,  03:26:24

Surabaya – Setelah melaksanakan penandatanganan perjanjian kontrak kerjasama antara PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) dan PT Pelabuhan Indonesia I perihal pembangunan 2 (dua) unit kapal Tug Boat 2X1800 HP, DPS (Persero) menggelar acara selanjutnya yaitu pemotongan plat baja pertama (First Cutting) pembangunan 2 (dua) unit kapal Tug Boat 2X1800 HP dengan nomor pembangunan N. 18614 & N. 19615 pesanan PT Pelabuhan Indonesia I di workshop hull construction PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero), Jl. Perak Barat No. 433-435, Surabaya, Selasa (23/4).

Hadir dalam acara tersebut Direktur Utama PT Pelabuhan Pelabuhan Indonesia I (Bambang Eka Cahyana), Direktur Teknik (Putra Hosadi Apriza), Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (Edy Widharto), perwakilan dari PT Lloyd's Register Indonesia diwakili oleh Business Development Manager (Nor Irfani Fahmi) serta para tamu undangan yang ikut terlibat dalam proyek pembangunan kapal Tug Boat tersebut antara lain dari perbankan, asuransi, design kapal dan juga syahbandar.

Adapun dari DPS hadir Direktur Utama PT DPS (Bambang Soendjaswono), Direktur Keuangan & Logistik Bp. Faisal Nur, Direktur Operasional Ibu. Diana Rosa serta pejabat di lingkungan kerja perseroan.

Dalam sambutannya Bambang Soendjaswono mengatakan proyek kapal Tug Boat yang dikerjakan bersama dengan PT Industri Kapal Indonesia ini merupakan bagian dari sinergi BUMN untuk mendorong industri galangan dalam negeri bisa tumbuh bersama dan berdaya saing.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I, Bambang Eka Cahyana menambahkan pemesanan Tug Boat kepada DPS dan IKI ini merupakan bagian dari program Kementerian BUMN dalam mensinergikan perusahaan galangan BUMN.

“Tahun ini kita akan lebih fokus mengimplementasikan sinergi BUMN artinya pemesanan Tug Boat ke galangan lokal, baik BUMN maupun swasta harus menjadi prioritas agar industri-industri galangan dan komponennya bisa sama-sama tumbuh,” ujarnya.

Prosesi seremoni acara dimulai dengan pemotongan plat baja dan dilanjutkan dengan penekanan tombol sirine, penandatanganan helm yang akan diserahkan ke pimpro Tug Boat serta berita acara.

Pembangunan 2 (dua) unit Tug Boat 2X1800 HP dengan nilai kontrak sebesar Rp. 135,8 Milyar yang direncanakan akan memakan waktu 17 bulan ini akan diserah terimakan sesuai schedule hingga tahun 2020.


back